Aneka Budaya Tari Tradisional Kalimantan Barat

pena iklan pena iklan
Penakapuas.com - Tari tradisonal merupakan warisan budaya Indonesiadimana setiap wilayah memiliki adat istiadat budaya dan tarian tradisional begitu juga di daerah Kalimantan Barat tidak ketinggalan memiliki beberapa tarian tradisonal yang hingga kini masih dipelihara kelestariannya. Tarian tradisional yang dimiliki Kalimantan Barat yaitu Tari monong, Tari Pingan, Tari Jonggan, Tari Kondan, Tari Kinyah Uut Danum dan Tari Zapin yang merupakan tari tradisional Kalimantan Barat.

Tari monong , Tari ini sering juga disebut dengan tari Manang. Tari ini merupakan sebuah tari penyembuhan yang dapat menyembuhkan atau menangkal penyakit yang ada dalam tubuh si sakit. Dalam tarian ini penari bertindak seperti seorang dukun dengan menggunakan jampi-jampi.
Tari Monong

Tari Pingan, Merupakan Tarian Tunggal pada masyarakat Dayak Mualang kabupaten Sekadau yang pada masa kini sebagai tari hiburan masyarakat atas rezeki/tuah/makanan yang diberikan oleh Tuhan. Tari ini berkaitan erat dengan penerimaan/penyambutan tamu/pahlawan.
Tari Pingan

Tari Jonggan, Tarian ini adalah sebuah tarian pergaulan masyarakat Dayak Kanayatn. Dalam tarian ini diceritakan kebahagiaan dan suka cita masyarakat Dayak. Para undangan yang hadir dalam acara tarian ini umumnya akan diajak menari bersama. 
Tari Jonggan

Tari Kondan, Tarian ini juga merupakan tarian pergaulan masyarakat Dayak. Namun, dalam tarian ini diiringi juga dengan musik dan pantun tradisional. Tarian ini menjadi semacam ucapan rasa kebahagiaan atas datangnya tamu ke suku mereka.
Tari Kondan

Tari Kinyah Uut Danum, Tarian ini merupakan tarian perang yang khas dalam suku Dayak Uut Danum. Dalam tarian ini diperlihatkan kewaspadaan dan kelincahan pemuda Dayak dalam melawan musuhnya.
Tari Kinyah Uut Danum

Tari Zapin, Tarian ini adalah sebuah tarian pergaulan yang mengungkapkan kebahagiaan. Dalam tarian ini umumnya digunakan peralatan seperti kipas dan tembung lalu dinamai sesuai dengan alat yang dibawa misalnya Zapin Kipas, Zapin Tembung, dan sebagainya.
Tari Zapin
Itulah diantara Tarian tradisional Kalimantan Barat yang merupakan warisan budaya Indonesia. (RoD)

Sumber : google
Advertisement

Related

Sosial Budaya 8834400277016218415

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item